Sabtu, 22 Januari 2011

Dapur Bersih Bukan Cuma Untuk Sehat

KOMPAS.com - Menjaga dapur dan bagian lain dari rumah tetap bersih adalah hal penting untuk beragam alasan. Alasan kesehatan adalah hal yang paling jelas untuk menjaga kebersihan dapur, tetapi masih ada beberapa hal lain yang menguntungkan dari dapur bersih. Apa saja?
Contoh untuk Anak-anak
Apa pun yang kita lakukan akan menjadi contoh bagi anak-anak, termasuk dalam kebiasaan membersihkan segalanya. Kebersihan memang bukan hal yang terutama dalam hidup, tetapi cukup penting bagi kesehatan dan membentuk kebiasaan baik bukan hal yang buruk.

Hemat uang belanja makanan
Pernahkah Anda perhatikan adanya bahan-bahan makanan yang berjamur atau membusuk akibat tak tersentuh berminggu-minggu karena Anda lupa ada bahan makanan tersebut di sana? Mengambil langkah proaktif menjaga makanan akan membantu Anda mengurangi makanan yang membusuk karena terlupakan dan jadi lebih percaya diri menyimpan makanan di kulkas. Buang makanan yang mulai membusuk sesegera mungkin. Simpan sayuran seperti kentang dan bawang di tempat terpisah untuk mencegah gas etilen yang keduanya keluarkan membuat bahan makanan lain membusuk lebih cepat sebelum Anda gunakan.

Tak repot dengan barang
Membersihkan dapur yang kotor saat Anda sedang lelah atau terburu-buru tidak akan memastikan segalanya cukup bersih. Membersihkan dapur setiap kali Anda baru mau mulai masak hanya akan membuat Anda lelah sebelum memulai masak. Dengan rutin membersihkan dapur, Anda jadi lebih cepat menyiapkan makanan dalam keadaan bersih pula. Jangan lupa untuk selalu membersihkan dapur usai digunakan, agar penggunaan berikutnya juga dalam keadaan bersih dan bebas dari tumpukan barang.

Lebih aman
Kebersihan bukan hanya masalah estetika, tetapi juga mengenai keamanan. Percikan air di lantai setelah mencuci piring bisa membuat seseorang terjatuh, sisa minyak di kompor bisa terbakar dan mencelakai orang lain. Dapur adalah lokasi bekerja menggunakan api, gas, cairan, benda tajam, dan lainnya. Menjaga dapur tertata dan menyingkirkan hal-hal yang bisa berbahaya akan menjauhkan anggota keluarga dari kecelakaan karena kelalaian.

Lebih efisien
Dapur adalah tempat penyimpanan dan persiapan makanan, menjaga makanan dengan efektif dan konsisten akan membantu segalanya tertata. Menyimpan makanan dengan tatanan yang rapi akan menjaga agar bahan-bahan tersebut tidak cepat rusak sebelum digunakan. Makanan busuk di dalam kulkas bisa memproduksi bau dan kadang bakteri yang bisa menyebabkan makanan lain juga rusak. Belum lagi tumpahan makanan di kulkas yang tak dibersihkan bisa sebabkan masalah dan mengkontaminasi makanan lain. Begitu pun dengan lemari penyimpanan makanan.

Perangkat lebih tahan lama 
Perangkat serta perlengkapan penyiapan sajian akan lebih tahan lama jika selalu dibersihkan dengan tepat. Penggunaan benda-benda di dapur jika tidak dirawat akan menyebabkan kerusakan lebih cepat. Memang kotoran sedikit tidak akan langsung merusak barang-barang tadi, tetapi efek akumulasi akan membuat cepat ruask.

Sambut tamu tanpa malu
Anda mungkin lebih memilih dapur digunakan Anda sendiri dan bukan jadi tempat berkumpulnya para tamu. Tetapi, kadang, keluarga atau sahabat ingin tahu "rahasia dapur" Anda. Di beberapa rumah, dapur sekarang juga sudah berfungsi sebagai tempat kumpul-kumpul. Jadi, supaya tidak malu, dapur harus berada dalam keadaan bersih, pastikan kebersihan ini setiap hari dan bersihkan rutin.

Membatasi penggunaan zat kimia buatan
Kita tentu ingin dapur yang bersih dan cantik. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan menggunakan zat-zat pembersih yang keras. Sayangnya, zat-zat ini bisa meninggalkan residu berbahaya. Yang bisa Anda lakukan adalah menjaga dapur tetap bersih senantiasa agar tak terlalu banyak bakteri atau kotoran yang harus dibersihkan menggunakan obat yang sangat keras.

Hemat energi
Ketika koil kondensor di belakang lemari pendingin Anda kotor, kompresornya akan bekerja lebih keras dan lebih panas. Hal ini akan mengakibatkan pengurasan energi yang tak perlu. Itu adalah salah satu contoh bagaimana kotoran bisa sebabkan penggunaan energi yang tak perlu. Belum lagi ketika karet di pintu kulkas kotor, ia akan memberikan kesempatan bagi udara luar untuk menyisip ke dalam lemari pendingin, hingga harus bekerja ekstra keras agar bisa menjaga temperaturnya tetap stabil dan dingin di dalam.

Contoh lainnya adalah oven. Ketika tidak dibersihkan, oven yang habis digunakan dan dalam keadaan kotor akan menarik energi lebih banyak. Bagian sisi dan bawah interior oven didesain untuk merefleksikan panas ke makanan Anda. Ketika oven penuh dengan kotoran, ia akan menggunakan lebih banyak energi dan tidak bisa memanaskan makanan secara merata, hingga bisa membuat makanan tidak enak dan Anda hanya buang-buang listrik.

( disadur dari : kompas.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar