Jumat, 28 Januari 2011

Mengeksplorasi Daun Sirih



Tanaman Sirih yang memiliki nama latin Piper Betle merupakan Tanaman ajaib yang tumbuh di sekitar lingkungan kita. Sejak zaman dahulu hingga sampai sekarang nenek saya mengkonsumsi daun sirih untuk menginang setiap hari. dan hasilnya gigi nenek sampai sekarang masih bagus, tidak karies dan tidak ompong.


Tanaman sirih merupakan tanaman yang tumbuh merambat dan biasanya berbunga lebat di tempat yang lembab. Sangat Mudah ditanam, berkembang biak dan mudah beradaptasi dengan habitat baru hanya dengan syarat merupakan tempat yang lembab.



Yang dimanfaatkan pada tanaman sirih adalah daunnya. Daun sirih adalah obat alami yang hebat. Kaya akan manfaat dan khasiatnya. Untuk itu marilah kita mengeksplorasi kegunaan dari daun sirih. Sehingga mengurangi ketergantungan kita terhadap bahan-bahan kimia dan obat-obatan dengan kandungan bahan kimia, supaya tubuh kita lebih sehat.
Tulisan ini berangkat dari pengalaman saya, dengan metode observasi partisipatif, dengan menggunakan Data primer sekaligus untuk memperkuat khasanah saya akan pengetahuan daun sirih saya menggunakan data sekunder.
Khasiat yang bisa kita manfaatkan dari daun sirh adalah:
1. Sebagai anti biotik alami:
Bila anda ingin menjaga kesegaran mata, Ambil dan petik 3-4 daun sirih, Cuci bersih lalu celupkan dalam air hangat, lalu kita masukkan kepala kita…buka mata sebentar lalu angkat kepala. Insyaallah cara seperti ini akan bisa menjaga mata kita dari kuman-kuman yang menempel.
2. Sebagai penghilang bau tak sedap:
Bila anda merasa kurang pede dengan bau mulut. Cukup, petik 3-4 lembar daun sirih. Celupkan dalam air hangat lalu gunakan untuk berkumur-kumur setelah sikat gigi. Insyaallah bau kurang sedap dalam mulut kita akan berkurang. Cara ini akan efektif bila kita menggunakan setiap hari.
3. Sebagai benteng untuk membunuh kuman dan bakteri.
Khusus untuk kaum hawa, daun sirih sangat bermanfaat. Untuk mengobati keputihan dan bau kurang sedap di daerah kemaluan. Serta Bisa menjaga daerah kewanitaan.
Caranya gunakan beberapa lembar daun sirih untuk cebok. Bisa juga digunakan sebagai jamu sebagai perawatan dari dalam tubuh.
4. Sebagai Obat alami untuk menghentikan pendarahan.
Bila kita mimisan, darah keluar tak terkendali dari hidung kita. Dengan menggunakan Daun sirih akan efektif untuk menghentikan pendarahan.
5. Sebagai obat alami untuk mengurangi nyeri akibat sakit gigi.
Bila anda sakit gigi untuk mengurangi rasa nyeri atau ngilunya. Gunakan getah daun sirih, teteskan pada wilayah gigi yang sakit. Insyaallah akan bisa mengurangi rasa nyeri yang menyerang.
Refleksi saya, semakin mengenali keanekaragaman hayati di sekitar kita. Alam menyediakan apa-apa yang kita butuhkan. Dan tak satupun penciptaan Allah SWT yang sia-sia. Semuanya bermanfaat dan punya tugas sendiri-sendiri. Tinggal kita mau mengeksplorasinya dengan baik dan demi kebaikan pula.




Setidaknya dengan menggunakan obat herbal di sekitar kita akan memperbaiki pola hidup kita yang dekat dengan alam agar kita semakin mencintai dan merawatnya. Dan mengamankan ginjal kita dan bagian-bagian tubuh kita dari bahan-bahan kimia yang sudah sedemikian merasuk dalam tubuh kita setiap detiknya.
( disadur dari : kompas.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar