Senin, 25 Juli 2011

Lima Trik Bertahan Hadapi Krisis



BANYAK hal buruk dapat terjadi dalam kehidupan, mulai dari kehilangan pekerjaan sampai patah hati karena ditinggal kekasih. Ketika sesuatu berjalan melenceng di luar rencana, apa yang Anda lakukan untuk membangkitkan harapan?
Perspektif
Apa pun yang terjadi, ingatkan diri bahwa situasi yang Anda hadapi bisa lebih buruk daripada ini. Coba lihat kejadian yang menimpa orang-orang di sekeliling Anda, agar mampu meletakkan masalah yang dihadapi dalam perspektif yang lebih baik. Jika Anda baru saja diputuskan kekasih, misalnya, bersyukurlah karena masih memiliki sahabat-sahabat yang setia menghibur di setiap waktu.

Aktif
Saat terserang gundah gulana, wajar jika Anda memilih berdiam di kamar dan mengurung diri. Tapi, sedikit aktivitas fisik sebetulnya mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Coba berjalan-jalan santai di luar selama sekitar 20 menit, untuk membangkitkan energi dan mengurangi stress.

Selain itu, pastikan tubuh mendapatkan cukup waktu untuk tidur dan beristirahat. Hindari begadang dan terlalu memikirkan persoalan, karena hal itu justru akan memperparah kondisi.

Bersenang-senang
Lupakan sejenak masalah dan berikan kesempatan pada diri untuk melakukan aktivitas menyenangkan. Misalnya, menonton film komedi atau mendengarkan musik favorit untuk mengubah suasana hati. Tapi, berhati-hatilah agar tidak memanjakan diri dengan melakukan sesuatu yang nantinya justru membuat kondisi Anda menjadi lebih buruk. Misalnya, kembali merokok, menenggak alkohol, atau berbelanja habis-habisan.

Berubah
Jangan hanya bisa mengeluh tentang hal buruk yang menimpa Anda. Sebaliknya, ingatkan diri untuk berubah dan mengambil tindakan mengenainya. Jika mendapatkan kesulitan dengan atasan baru, Anda bisa mempertimbangkan untuk ditransfer. Atau, Anda bisa mengubah sikap atau berusaha tidak terlalu memikirkannya.

Teman dan keluarga
Salah satu kunci kebahagiaan adalah memiliki hubungan sosial yang erat. Jadi, tahan dorongan untuk mengucilkan diri. Jangan ragu meminta dukungan dan bantuan dari teman-teman serta keluarga, begitu pula sebaliknya. Lakukan sesuatu yang menyenangkan, dan lupakan sejenak kesulitan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar